Speedboat Lestari Benuanta VIP Terbakar, Dishub: Harusnya Gensetnya Pakai Solar

Speedboat Lestari Benuanta VIP yang terbakar sore tadi, Kamis (5/12/2019).

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR-Speedboat Lestari Benuanta VIP yang terbakar pukul 16.00 sore tadi, menjadi perhatian serius Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara.

“Kita belum tahu penyebab pastinya apa, kita juga belum bisa menebak-nebak apakah ini karena kebocoran bensin dari genset itu atau lainnya. Nanti kita lakukan pemeriksaan,” kata Kepala Seksi Angkutan Laut, Fredy.

Namun, ia menilai musibah yang mengakibatkan pemberangkatan penumpang ke Tarakan itu tertunda, dikarenakan bahan bakar minyak (BBM) pada genset pendingin ruangan/AC speedboat tersebut telah lapuk, sehingga mudah terbakar.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar genset AC pada alat transportasi laut speedboat menggunakan solar bukan premium atau bensin. “Seharusnya gensetnya itu menggunakan bahan bakar solar,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Fredy, masalah ini akan dicarikan solusinya. Karena, selama ini tidak ada larangan bagi setiap speedboat menggunakan genset.

Umumnya, letak genset AC itu berada di atas speedboat. “Soal penempatanya hampir sama saja dengan speedboat lainnya,” katanya.

Menurutnya, musibah ini merupakan kali pertama yang dialami armada cepat tersebut. “Tentu ini menjadi evaluasi kita agar lebih cermat lagi memeriksa seluruh perangkat yang digunakannya,” demikian Fredy. (*)

Reporter: Muhammad
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here