BI: Pembangunan PLTA Kayan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Kepala Perwakilan BI Kaltara, Hendik Sudaryanto saat paparan dalam pertemuan tahunan di Kantor Perwakilan di Jl Mulawarman Tarakan. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN– Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltara, menyebutkan, pembangunam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kaltara sebesar satu persen.

“Di lihat secara makro, faktor pembangunan PLTA Kayan ini dapat mendorong pengembangan ekonomi, karena menjadi sumber penggerak ekonomi baru,” kata Kepala Perwakilan BI Kaltara, Hendik Sudaryanto dalam pertemuan tahunan bersama beberapa pejabat Pemprov Kaltara, PLN Wilayah Kaltimtara dan PT Kayan Hidro Energi, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, energi salah satu faktor utama berkembangnya suatu wilayah industri. Sebab, Industri membutuhkan energi yang besar.

“Investor tidak akan masuk ketika suplai energi itu tidak ada. Dan kita tidak bisa bergantung pada energi yang tidak terbarukan, karena pertumbuhan Kaltara bisa terganggu juga,” tuturnya.

Investasi dan konsumsi listrik yang dihasilkan PLTA Kayan, lanjut dia, secara jangka pendek dapat meningkatkan perekonomian Kaltara. Seperti kebutuhan tenaga kerja dan ekspor.

“Energi air ini anugerah alam yang bisa dioptimalkan sebagai penunjang seluruh kegiatan di Kaltara. Dengan harapan kami dapat berkontinyu pada pertumbuhan ekonomi Kaltara,” demikian Hendik. (*)

Reporter: Supriyadi
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here